Senin, 19 Desember 2016

JAWABAN SOAL UTS !!!



1. A. Pengertian CPU :
            CPU ( Central Processing Unit ) merupakan perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangat lunak.
     B. Kaitan CPU dengan Mikroprocessor
            Mikroprosesor disebut juga dengan CPU (Central Processing Unit). yang digunakan sebagai otak/pengolah utama dalam sebuah sistem komputer. Mengatur kerja sistem berdasarkan urutan program yang telah ditetapkan. Ia mengatur keluar masuknya data dari/ke antar bagian dalam sistem. Ia juga mengatur aktivitas keluar/masuk data dari/ke perangat diluar sistem.

2. Perbedaan Mikroprossor Dan Mikrokontroler
Secara umum perbedaan penggunaan antara mikroprosesor dan mikrokontroler dapat dilihat di bawah ini :
1.             Mikroprosesor hanya terdiri dari CPU, sedangkan mikrokontroler sudah dalam bentuk komputer namun dengan ukuran kecil dan spesifikasi yang lebih rendah
2.             Mikroprosesor digunakan untuk sistem yang kecil sampai sistem yang besar (general purpose), sedangkan mikrokontroler biasanya digunakan untuk sistem yang kecil
3.             Komputasi pada komputer lebih kompleks karena spesifikasi perangkat pendukung bisa disesuaikan, sedangkan mikrokontroler spesifikasi tidak bisa disesuaikan karena sudah jadi satu dalam sebuah chip.
4.             Kebutuhan biaya untuk membuat sistem dengan mikroprosesor lebih tinggi dibandingkan dengan mikrokontroler. Hal ini dikarenakan mikroprosesor hanya terdiri dari CPU sementara perangkat pendukung lain seperti memori, input output harus ditambahkan sendiri
            Beberapa poin diatas merupakan perbedaan mikroprosesor dan mikrokontroler secara dasar. Sebetulnya banyak lagi pembedanya. Biasanya untuk membuat sistem embedded yang sederhana digunakan mikrokontroler. Karena mikrokontroler sifatnya realtime. Sedangkan mikroprosesor biasanya digunakan untuk sistem yang kompleks yang membutuhkan sistem operasi untuk menanganinya. Sekarang selain mikroprosesor dan mikrokontroler ada juga SoC (System On Chip) atau SoM (Sytem On Module). SoC dan SoM merupakan pengembangan yang kompleks dari mikroprosesor dan mikrokontroler. Contohnya pada handphone saat ini tidak lagi digunakan mikroprosesor melainkan SoC. Dikarenakan SoC sudah kompleks periperalnya dalam satu chip (sudah ada prosessor, 3G modem, WiFi, Display Controller, dll).

3. Tugas bagian CPU dan fungsinya :
·                     Arithmetic  and Logic  Unit  (ALU), bertugas  membentuk  fungsi  – fungsi  pengolahan data komputer. ALU  sering  disebut  mesin bahasa       (machine  language)  karena  bagian ini mengerjakan instruksi  – instruksi  bahasa  mesin yang  diberikan padanya. Seperti  istilahnya, ALU  terdiri  dari  dua  bagian, yaitu unit  arithmetika  dan unit  logika  boolean, yang  masing  – masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri.
·                     Control Unit, bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keselurahan mengontrol komputer sehingga  terjadi  sinkronisasi  kerja  antar  komponen dalam  menjalankan fungsi  – fungsi operasinya. Termasuk  dalam  tanggung  jawab unit  kontrol  adalah mengambil  instruksi  –instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.
·                     Registers, adalah media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data.Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.
·                     CPU Interconnections, adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register – register dan juga dengan bus – bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan/keluaran.
4. Sistem bilangan yang bisa diproses oleh CPU :
- Bilangan Biner ( basis 2 ) : 0 dan 1
- Bilangan Oktal ( basis 8 ) : 0.1.2.3.4.5.6.7
- Bilangan Desimal ( basis 10 ) : 0.1.2.3.4.5.6.7.8.9
- Bilangan Hexadesimal ( basis 16 ) : 0.1.2.3.4.5.6.7.8.9.A (10 ), B ( 11 ), C ( 12 ) , D ( 13 ),
                                                        E ( 14 ), F ( 15 )



















 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar